Bentuk-Bentuk Struktur Pasar Konsumen antara lain : Persaingan Sempurna, Monopolistik, Oligopoli dan Monopoli
1. Pasar Persaingan Sempurna
Jenis pasar persaingan sempurna terjadi ketika jumlah produsen sangat banyak sekali dengan memproduksi produk yang sejenis dan mirip dengan jumlah konsumen yang banyak. Contoh produknya adalah seperti beras, gandum, batubara, kentang, dan lain-lain. Sifat-sifat pasar persaingan sempurna :
a. Jumlah penjual dan pembeli banyak
b. Barang yang dijual sejenis, serupa dan mirip satu sama lain
c. Penjual bersifat pengambil harga (price taker)
d. Harga ditentukan mekanisme pasar permintaan dan penawaran (demand and supply)
e. Posisi tawar konsumen kuat
f. Sulit memperoleh keuntungan di atas rata-rata
g. Sensitif terhadap perubahan harga
h. Mudah untuk masuk dan keluar dari pasar
2. Pasar Monopolistik
Struktur pasar monopolistik terjadi manakala jumlah produsen atau penjual banyak dengan produk yang serupa/sejenis, namun di mana konsumen produk tersebut berbeda-beda antara produsen yang satu dengan yang lain. Contoh produknya adalah seperti makanan ringan (snack), nasi goreng, pulpen, buku, dan sebagainya. Sifat-sifat pasar monopolistik :
a. Untuk unggul diperlukan keunggulan bersaing yang berbeda
b. Mirip dengan pasar persaingan sempurna
c. Brand yang menjadi ciri khas produk berbeda-beda
d. Produsen atau penjual hanya memiliki sedikit kekuatan merubah harga
e. Relatif mudah keluar masuk pasar
3. Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli adalah suatu bentuk persaingan pasar yang didominasi oleh beberapa produsen atau penjual dalam satu wilayah area. Contoh industri yang termasuk oligopoli adalah industri semen di Indonesia, industri mobil di Amerika Serikat, dan sebagainya. Sifat-sifat pasar oligopoli :
a. Harga produk yang dijual relatif sama
b. Pembedaan produk yang unggul merupakan kunci sukses
c. Sulit masuk ke pasar karena butuh sumber daya yang besar
d. Perubahan harga akan diikuti perusahaan lain
4. Pasar Monopoli
Pasar monopoli akan terjadi jika di dalam pasar konsumen hanya terdiri dari satu produsen atau penjual. Contohnya seperti microsoft windows, perusahaan listrik negara (pln), perusahaan kereta api (perumka), dan lain sebagainya. Sifat-sifat pasar monopoli :
a. Hanya terdapat satu penjual atau produsen
b. Harga dan jumlah kuantitas produk yang ditawarkan dikuasai oleh perusahaan monopoli
c. Umumnya monopoli dijalankan oleh pemerintah untuk kepentingan hajat hidup orang banyak
d. Sangat sulit untuk masuk ke pasar karena peraturan undang-undang maupun butuh sumber daya yang sulit didapat
e. Hanya ada satu jenis produk tanpa adanya alternatif pilihan
f. Tidak butuh strategi dan promosi untuk sukses
Monopsoni adalah kebalikan dari monopoli, yaitu di mana hanya terdapat satu pembeli saja yang membeli produk yang dihasilkan.
Monopoli adalah sesuatu yang dilarang di Republik Indonesia yang diperkuat dengan undang-undang anti monopoli.
Entri Populer
-
Teori Permintaan dan Penawaran Teori permintaan menerangkan tentang sifat permintaan para pembeli terhadap sesuatu barang sedangkan teori pe...
-
Motivasi adalah keadaan pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiatan-kegiatan tertentu guna mencapai suatu t...
-
APLIKASI KOMPUTER DI DUNIA PENDIDIKAN Pengaruh komputer sangat besar untuk membantu proses pendidikan. Komputer memungkinkan para siswa untu...
-
Saya mempunyai pengalaman organisasi semenjak SMP. Di SMP saya mengikuti ekstrakulikuler pramuka, tapi tidak terlalu aktif. Saat SMA juga sa...
-
Uang a. Pengertian uang Uang dalam ilmu ekonomi tradisional didefinisikan sebagai setiap alat tukar yang dapat diterima secara umum. Alat tu...
-
1. Dibawah ini adalah beberapa istilah yang digunakan dalam CAI.... a. CAL b. CBE c. CMI d. a, b dan c *** e. CIT 2. Salahsatu tujuan LOGO y...
-
Dalam bidang ekonomi, Indonesia memiliki sumber daya alam yang kaya raya (buktinya, dari dulu Indonesia banyak yang ingin menjajah). Menurut...
-
Ilmu Eknomi Makro dan Mikro Ilmu ekonomi muncul karena adanya tiga kenyataan berikut : • Kebutuhan manusia relatif tidak terbatas. • Sumber ...
-
Teori konsumen Pendekatan untuk mempelajari perilaku konsumen dalam mengkonsumsi suatu barang: 1. Pendekatan Kardinal 2. Pendekatan Ordinal ...
-
Bentuk-Bentuk Struktur Pasar Konsumen antara lain : Persaingan Sempurna, Monopolistik, Oligopoli dan Monopoli 1. Pasar Persaingan Sempurna J...
Pages
Rabu, 12 Mei 2010
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
WeLc0mE t0 myBLOG
Buat tmend2....
tlng di Follow yaa,hehehe
tlng di Follow yaa,hehehe
Tidak ada komentar:
Posting Komentar